PROPOSAL
USAHA NASGOR MINANG
Softskill
Bahasa
Indonesia II
Mochammad Panji Purnama
15113564
3KA29
Sistem
Informasi
2016/2017
Proposal
Usaha Nasgor Minang
1.1. Latar Belakang
Pada zaman ini banyak orang-orang yang beralih ke bidang
usaha atau wirausaha. Hal itu disebabkan karena lebih menguntungkan dan lebih
mudah mengatur waktu kerja serta membuka lapangan kerja baru kepada orang lain
yang membutuhkan pekerjaan.
Di
Indonesia, dunia usaha sedang tinggi peminatnya, tidak hanya usaha yang
berbasis online ataupun usaha yang berbasis offline. Banyak orang yang berlomba
menciptakan usaha-usaha baru yang kreatif dan menarik minat konsumen. Usaha
kuliner adalah salah satu contoh dari sekian banyak bidang usaha yang ada di
Indonesia. Dunia kuliner juga menjadi ciri khas Indonesia karena banyak sekali
jenis-jenis kuliner yang unik dan lezat tersebar dari sabang hingga merauke.
Minat masyarakat Indonesia yang tinggi terhadap kuliner,
mendorong saya untuk menciptakan suatu produk makanan baru yang semua
masyarakat pasti pernah mencobanya yaitu “Nasi Goreng”. Keunggulan atau
keunikan dari produk ini adalah dari cita rasa dan tampilan yang khas dari
daerah minangkabau, Sumatra Barat.
Dengan mengusung nama “Nasgor Minang” produk yang
ditawarkan adalah nasi goreng yang memiliki cita rasa randang yang sangat gurih
dan lezat. Diharapkan dengan lahirnya produk baru ini, masyarakat Indonesia
dapat merasakan nasi goreng yang berbeda dari biasanya dan dapat merasakan rasa
nasi goreng berbumbu rendang yang berbeda dari biasanya.
1.2 VISI
Memberikan terobosan
Nasi Goreng dengan tampilan dan rasa yang memiliki khas akan kuliner Minangkabau
serta harga yang memasyarakat.
1.3 MISI
- memperkenalkan cita
rasa kuliner Minangkabau
- memberikan harga yang
terjangkau
- membuka lapangan
kerja baru
1.4. Analisis
Peluang Usaha
Di
zaman yang semakin pesat ini, dunia usaha juga mengalamin perkembangan yang
pesat. Dilihat dari banyaknya masyarakat yang telah memiliki pekerjaan tetap
atau yang belum memiliki pekerjaan yang beralih atau memilik usaha diluar
pekerjaannya karena akan menghasilkan laba yang pastinya dapat menambah
penghasilan mereka.
Proposal Usaha Nasgor Nusantara dengan berbagai indikator sebagi berikut
:
· Strength
(Kekuatan):
-
Harga yang terjangkau yaitu Rp 15.000
-
Bersertifikat Halal
-
Memiliki rasa yang lezat
·
Weakness (kelemahan):
-
Harga bahan Baku yang tidak menentu
·
Opportunity (Peluang):
-
Minat masyarakat Indonesia terhadap
Kuliner
-
Rasa dari produk yang cocok untuk lidah
masyarakat Indonesia
·
Threat (Ancaman) dengan indicator :
-
Pesaing dalam bidang kuliner yang ketat
-
Selera konsumen yang berubah-ubah.
1.5.
Biaya
1. Perhitungan Modal
Biaya untuk membuat bahan baku:
- Beras
Pulen Rp 7.500,-/liter
- Beras
Pera Rp 9.000/liter
- Telur Rp 21.000,-/kg
-
margarine Rp 9.000,-/buah
-
daun serai
Rp 2.000/pcs
-
daun kunyit Rp 2.000/pcs
-
asam kandis Rp 2.000/Buah
-
daun jeruk
purut Rp 2.000/Buah
-
bawang merah Rp 2.000/pcs
-
bawang putih Rp 2.000/pcs
-
cabai Rp 10.000/kg
- Gerobak Rp 2.500.000/unit
- Tabung
gas Rp 100.000/kg
- kompor Rp 250.000/unit
- wajan Rp 150.000/buah
-
Total
Rp 3.068.000-
-
Keuntungan Rp 460.200,
- Harga
Jual
Rp 15.000,-
Perhitungan
:
modal usaha : 3.068.000
harga (per porsi) : 15.000
titik impas
/BEP = 200 perporsi terjual
1.6. Kesimpulan
Dalam
melakukan kegiatan usaha khususnya di bidang kuliner, perlu adanya ketekunan
dan kerja keras yang tinggi serta disiplin. Diperlukan juga pengetahuan tentang
kuliner dan pasar agar selalu mendapatkan inovasi terbaru guna meningkatkan
kualitas produk yang kita tawarkan sehingga konsumen akan selalu menjadi
pelanggan setia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar