I.
Pengertian
AIMC (Automotive Multimedia Interface Collaboration) atau
Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia adalah suatu organisasi dunia yang
mengurusi atau memberikan standar kepada perusahaan otomotif dalam membangun
interface (antarmuka) multimedia pada kendaraan yang akan diproduksi oleh
perusahaan otomotif.
The Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC)
didirikan pada Oktober 1998 dengan tujuan untuk mengembangkan serangkaian
spesifikasi umum untuk multimedia interface ke sistem elektronik kendaraan
bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat elektronik di
dalam kendaraan. Inisiatif ini-yang pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General
Motors, Renault dan Toyota – sekarang kelompok semua auto utama pembuat, dan
dengan demikian menyediakan kesempatan strategis baru untuk mencapai suatu set
umum industri mobil.
Untuk berbagai alasan, kendaraan telah tertinggal di
belakang rumah dan perangkat komputasi mobile ketika datang ke alat
produktivitas dan multimedia. Keamanan, kehandalan, biaya, dan desain waktu
memiliki semua faktor dalam produsen mobil ‘menunda penerimaan teknologi baru.
Makalah membahas otomotif standar untuk antarmuka multimedia. Organisasi
seperti Otomotif Kolaborasi Multimedia Interface (AMI-C) memiliki kesempatan
untuk menjadi kekuatan pendorong di belakang upaya standardisasi yang berbeda,
The Otomotif Multimedia Interface Kolaborasi(AMI-C) mengumumkan di seluruh
dunia cipta penugasan dari 1394 spesifikasi teknis otomotif ke Trade
Association 1394 AMI-C berikut dokumen sekarang milik 1394TA :
•
AMI-C 3023 Power Management Specification
•
AMI-C 3013 Power Management Architecture
•
AMI-C 2002 1.0.2 Common Message Set Power Management
•
AMI-C 3034 Power Management Test Documents
•
AMI-C 4001 Revision Physical Specification.
II.
Tujuan
Utama AMIC
1.
Menyediakan
interface standar untuk memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan
berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi – dari sistem navigasi dan
hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka,
termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak
dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem
mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.
2.
Meningkatkan
pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
3.
Memotong
biaya keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan
ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan – industri
otomotif efektif terdiri dari banyak pasar yang kecil karena setiap platform
kendaraan sering mengandung berbagai adat-mengembangkan komponen dan platform
yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
4.
Menawarkan
standar terbuka dan spesifikasi untuk informasi interface dalam kendaraan dan
antara kendaraan dan dunia luar.
Kelebihan AMIC:
- Menyediakan interface yang berstandar, sehingga memungkinkan seorang pengendara kendaraan (mobil) dapat menggunakan perangkat lain melalui berbagai media, komputer, perangkat komunikasi dari sistem navigasi dan handsfreeyang biasa digunakan pada telepon selular, termasuk pengenalan suara sintesis yang berfungsi untuk komunikasi jarak dekat untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat (DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.
- Meningkatkan berbagai macam pilihan yang dapat digunakan oleh user dan juga untuk mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
- Memotong biaya yang dikeluarkan untuk keseluruhan informasi kendaraan dan juga peralatan hidubran dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan industri otomotif efektif. Karena banyak jumlah kendaraan yang sering mengandung berbagai adat mengembangkan komponen dan platfor yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
- Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi bagi informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dengan dunia luar.
Kekurangan AMIC :
- Biaya yang relative mahal.
- Kurangnya pengetahuan tentang perangkat justru akan sangat membingungkan pengguna.
· Terlalu banyak perangkat multimedia akan
menggangu konsentrasi dari pengendara.
III.
Saran
Setiap teknologi pasti mempunyai tujuan yang sangat
baik bagi penggunanya, namun jangan biarkan hal tersebut malah
mengganggu konsentrasi para pengguna dan menyebabkan tujuan dari teknologi
tersebut berubah. Oleh karena itu penggunaan
perangkat teknologi multimedia apapun saat berkendara harus memperhatikan dari
segi peruntukannya dan yang paling penting adalah keamanan berkendara. Jika
tidak memperhatikan hal tersebut maka bisa saja terjadi hal yang tidak
diinginkan yang pastinya akan membahayakan bagi diri sendiri dan sesama
pengguna jalan lainnya.
IV.
SUMBER
Tidak ada komentar:
Posting Komentar